Mengenai Saya 089661217321

advertisement

Powered by Blogger.
Home » » MANFAAT FILSAFAT HUKUM

MANFAAT FILSAFAT HUKUM




Apakah studi mengenai filsafat hukum itu perlu, atau sekurang-kurangnya banyak manfaatnya bagi para ahli hukum?. Filsafat hukum memperdalam dan memperluas pengetahuan tentang hukum yang menjadi objek hukum positif. Karena itu filsafat hukum memiliki nilai yang tinggi bagi mereka yang mempelajari pengetahuan hukum.
Pentingnya filsafat hukum diibaratkan ilmu kimia bagi pelukis. Ada sebuah pengandaian/ penolakan bahwa :  Pelukis dapat menghasilkan seni yang sempurna tanpa mengetahui bagaimana susunan cat yang digunakannya. Demikian juga orang dapat menjadi ahli hukum yang sempurna dan menghasilkan karya hukumyang  sempurna tanpa mengatahui apa hukum itu. Apa yang dikatakan disini tidak seluruh nya salah, tetapi mengandung ketidak benaran yang kasar. Bahwa pelukis itu tidak perlu mengetahui susunan cat nya hanya benar jika ia tidak perlu membuat sendiri cat itu. Ini hanya terjadi bila cat itu benda alam, yaitu ditemukan di alam dan dalam keadaan siap pakai, atau jika orang lain memproduksi cat itu sehingga pelukis ddapat dilengkapi dengan cat  yang baginya tidak bisa tidak harus ada. Akan tetapi dalam hal yang terahir, maka orang lain itu harus memiliki pengetahuan yang diperlukan mengenai susunan cat itu,dan dalam mengembangkan seninya si pelukis bergantung pada orang itu.
Dari perbandingan itu dapat diambil kesimpulan bahwa ahli hukum itu tidak perlu memiliki pengetahuan tentang apa itu hukum bila hukum ditemukan siap pakai di alam, atau dibuat oleh orang lain yang harus tahu apa hukum itu.
Sekarang tidak sulit bagi kita untuk memahami bahwa seseorang yang harus membuat dan menyempurnakan sseuatu tidak dapat bersikap acuh tak acuh terhadap pertanyaan : apa benda yang harus dibuatnya itu, dengan perkataan lain dia harus mengenal hakikat, tujuan, dan sifat-sifat benda itu. Filsafat hukumlah yang menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai hukum, mengenai hakikat hukum dan sifat-sifatnya. Oleh karena itu filsafat hukum bermanfaat dan diperlukan oleh ahli hukum.

0 comments:

Post a Comment